- / / : 081284826829

Perlu Kelayakan Penanganan Daging Ayam

Atas data beberapa penelitian di sini ini, maka perlu adanya proses keamanan dan kelayakan daging ayam harus dilakukan sedini mungkin. Apalagi, keberadaan bahan pangan seperti daging ayam itu dapat tercemar mikroorganisme sebelum dipotong (pencemaran primer) dan sesudah dipotong (pencemaran sekunder).


Keamanan pangan (food safety) adalah hal yang membuat produk pangan aman untuk dimakan dan bebas dari faktor yang dapat menyebabkan penyakit. Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi terjadinya suatu kontaminasi oleh mikroorganisme yaitu higiene dan sanitasi. Higiene pada pedagang sangat berpengaruh terhadap keamanan pangan, agar bahan pangan tidak tercemar. Sedangkan sanitasi tempat penjualan dilakukan untuk pengendalian kondisi lingkungan sejak penanganan bahan baku sampai proses distribusi (P. Hariyadi dan Ratih, 2009).

Akhirnya, apa yang disampaikan P. Hariyadi dan Ratih (2009) tersebut, tentu tidak berlebihan. Hal ini sesuai dengan hasil dari penelitian yang dilakukan Asmorowati Nugroho Aerita (2014) di Pasar Banjaran dan Pasar Trayeman Kabupaten Tegal, bahwa ada hubungan sanitasi dengan kontaminasi Salmonella pada daging ayam potong.

 Sebagai catatan akhir, untuk mendapatkan materi detail ”PEDOMAN PENANGANAN DAGING AYAM YANG HIGIENIS” silahkan unduh dan baca ebook berikut ini: PEDOMAN PRODUKSI DAN PENANGANAN DAGING AYAM YANG HIGIENIS.

Silahkan Unduh di Bawah Ini:




WWW.ARDADINATA.COM